Cara Menangani Asma dengan Tepat Menurut SehatQ.com


Asma, salah satu penyakit yang menyerang bagian saluran pernapasan. Penyakit ini ditandai dengan adanya peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan. Hal inilah yang akan menyebabkan terjadinya sesak atau kesulitan bernapas. Selain sesak napas, penderita asma biasanya mengalami gejala lain.

Seperti nyeri pada dada, batuk, dan mengi. Terdapat beberapa hal yang menjadi pemicu dari penyakit asma. Mulai dari infeksi virus, udara dingin, debu, sampai asap rokok. Penyakit ini bisa menyerang semua golongan tanpa terkecuali. Tidak heran jika seseorang dengan penderita asma memiliki saluran pernapasan yang sangat sensitif.

Cara Menangani Asma dengan Mudah

Seseorang yang mengalami asma akan selalu membawa obat ke mana pun. Hal ini tentunya bertujuan untuk berjaga-jaga jika asma mendadak muncul. Namun, saat seseorang lupa membawa obat, pastinya akan merasa repot. Berikut ini cara mengatasi asma tanpa bantuan obat.

1. Menghirup Uap

Salah satu cara untuk menangani asma dengan mudah adalah dengan menghirup uap. Menghirup uap dipercaya mampu melancarkan hidung tersumbat. Selain itu, juga membantu untuk meringankan iritasi saluran napas. Anda bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan dari orang lain.

Caranya adalah dengan mendidihkan air panas. Kemudian menambahkan beberapa tetes peppermint dalam air panas. Setelah itu, tutupi kepala dengan handuk dan tempatkan kepala Anda di atas uap yang mengepul.

2. Minum Minuman Hangat

Cara kedua untuk menangani asma yang datang tiba-tiba adalah dengan minum minuman hangat. Seperti kopi salah satunya. Minuman hangat bisa membuat saluran udara sedikit terbuka. Sehingga akan memberikan rasa nyaman dan membantu penderita untuk bernafas selama satu jam atau lebih.

3. Duduk dalam Kondisi Tegak

Saat penderita asma mulai menunjukkan gejala, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan duduk dalam posisi tegak. Hal ini dikarenakan membantu pernapasan agar tetap lancar. Karena jika dalam kondisi berbaring atau melengkung ke bawah, pernapasan menjadi terhalang sehingga menyebabkan asma semakin parah.

4. Bernafas Panjang

Bernafas panjang menjadi salah satu solusi saat penyakit asma menyerang. Anda bisa mengambil nafas panjang secara perlahan. Dengan melakukan hak tersebut, proses pernapasan akan menjadi pelan dan mencegah terjadinya serangan asma semakin parah. Anda bisa menarik nafas melalui hidung lalu mengeluarkannya melalui mulut.

5. Berusaha untuk Tetap Tenang

Hampir setiap orang yang mengalami asma akan terserang rasa panik. Hal inilah yang membuat pernapasan dan gejala menjadi semakin parah. Alasannya karena panik akan membuat otot dada menjadi semakin kencang. Alhasil, penderita asma akan semakin kesulitan untuk bernapas.

Namun, jika Anda salah satu penderita asma, sebaiknya untuk mengusahkan untuk tetap tidak panik. Meski Anda tidak membawa inhaler, Anda bisa menarik nafas agar tidak memperparah keadaan.

6. Jauh dari Pemicu Gejala Asma

Salah satu cara untuk tidak memperparah gejala asma adalah dengan menjauhi pemicu timbulnya asma. Sebagai contoh, jika Anda berada dalam ruangan yang dingin atau berdebu, Anda bisa keluar dari ruangan tersebut dan mencari udara yang benar-benar membantu pernapasan Anda.

Anda juga bisa membantu teman Anda jika Anda mengalami kesulitan. Anda bisa langsung keluar saat pernapasan terasa tidak nyaman. Jangan memaksakan diri sampai gejala menjadi semakin parah.

Beberapa cara di atas adalah cara untuk menangani asma menurut SehatQ. Pastikan untuk selalu minum obat secara teratur untuk mencegah terjadinya asma. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menangani Asma dengan Tepat Menurut SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel